- Undang – undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional pasal 3 ayat 2 dan pasal 51 ayat 1
 - Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 17 ayat 2, dan pasal 49 ayat 1
 - Peraturan Mendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
 - Peraturan Mendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Tetang Standar Kompetensi lulusan
 - Peraturan Mendiknas Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksaan Permendinas Nomor 22dan 23
 - SK Direjen Mendikdasmen Nomor : 576 / C / KEP / TU / 2006 Tentang Bentuk LHBS Pererta Didik dan Tata Cara Penyusunan LHBS Peserta Didik Satuan Pendidikan Dasar dan Menegah
 - Surat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Barat Nomor : 422 .5 / 106 / III . 05 / 2007 Tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor : 22 , 23 dan 24 Tahun 2006
 
- Menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran.
 - Menumbuh kembangkan semangat keunggulan dan bernalar sehat kepaada peserta didik, guru dan karyawan sehingga berkemauan kuat untuk terus maju.
 - Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama dan budaya bangsa serta berakhlak mulia
 
- Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian , cerdas, berkualitas dan berprestasi
 - Menanamkan sikap ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi dengan lingkungan dan mengembangkan sifat sportifitas
 - Membekali peserta didik agar memiliki tehnologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri
 
| 
   | 
  
   
Kelompok Mata Pelajaran 
 | 
  
   
Cakupan 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
Agama dan
  Akhlak Mulia 
 | 
  
   
Kelompok mata
  pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik
  menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
  berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral
  sebagai perwujudan dari pendidikan agama. 
 | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   
Kewarganegaraan
  dan Kepribadian 
 | 
  
   
Kelompok mata
  pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan
  kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kewajibannya dalam
  kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas
  dirinya sebagai manusia. 
Kesadaran dan
  wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara,
  penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian
  lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial,
  ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti
  korupsi, kolusi, dan nepotisme. 
 | 
 
| 
   
3. 
 | 
  
   
Ilmu
  Pengetahuan dan Teknologi 
 | 
  
   
Kelompok mata
  pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD Bangka Barat dimaksudkan
  untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta
  membudayakan berpikir ilmiah secara kritis kreatif dan mandiri 
 | 
 
| 
   
4. 
 | 
  
   
Estetika 
 | 
  
   
Kelompok mata
  pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan
  mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan
  mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi
  dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan
  mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu
  menciptakan kebersamaan yang harmonis. 
 | 
 
| 
   
5. 
 | 
  
   
Jasmani,
  Olahraga dan Kesehatan 
 | 
  
   
Kelompok mata
  pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SD Bangka Barat dimaksudkan
  untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin,
  kerja sama, dan hidup sehat. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap,
  dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual atau yang bersifat kolektif
  kemasyarakatan seperti keterbatasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan
  narkoba, HIV/AIDS. Demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial
  untuk mewabah. 
 | 
 
| 
   
6. 
 | 
  
   
Ketrampilan
  Teknologi Informasi dan Komunikasi 
 | 
  
   
Teknologi Informasi dan Komunikasi 
  | 
 
- Pendidikan Agama Islam
 
- Pendidikan Kewarganegaraan
 
- Bahasa Indonesia
 
- Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun, dan cerita rakyat
 
- Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, deskrisi peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama, dan puisi.
 
- Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita dan drama
 
- Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk berbentuk cerita, puisi, dan pantun
 
- Matematika
 
- Ilmu Pengetahuan Alam
 
- Penyajian materi berdasarkan kelas
 - Penyajian materi berdasarkan materi Pendidikan Lingkungan Hidup
 
- Kurikulum SD Negeri 10 Muntok memuat 8 mata pelajaran , muatan lokal dan pengembangan diri.
 
- Subtansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan “ IPA TERPADU “ dan “IPS TERPADU “.
 - Pembelajaran pada kelas I sampai dengan III dilaksanakan melalui pendekatan tematik , Untuk SD N 10 Muntok kelas 1 – III 516-612 jam/ tahun, sedangkan pada kelas IV – VI Untuk
 
- Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit.
 - Minggu efektif satu tahun pelajaran ( dua semester ) adalah 34 - 38 minggu
 
| 
   
KOMPONEN 
 | 
  
   
Kelas dan Alokasi Waktu 
 | 
 |||
| 
   
I 
 | 
  
   
II 
 | 
  
   
III 
 | 
  
   
IV , V , dan VI 
 | 
 |
| 
   
A.  Mata Pelajaran 
 | 
 ||||
| 
   
1.   Pendidikan Agama 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
3 
 | 
 
| 
   
2.   Pendidikan Kewarganegaraan 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
3.   Bahasa Indonesia  
 | 
  
   
8 
 | 
  
   
7 
 | 
  
   
7 
 | 
  
   
6 
 | 
 
| 
   
4.   Metematika 
 | 
  
   
7 
 | 
  
   
8 
 | 
  
   
8 
 | 
  
   
6 
 | 
 
| 
   
5.   ILmu
  Pengetahuan Alam 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
4 
 | 
 
| 
   
6.   ILmu Pengetahuan Sosial 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
4 
 | 
 
| 
   
7.   Seni Budaya dan Keterampilan 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
 
| 
   
8.  
  Pendidikan Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
B.  Muatan Lokal 
 | 
 ||||
| 
   
1.   Kesenian Daerah bangka 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
1 
 | 
 
| 
   
2.    Lingkungan Hidup 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
C.  
  Pengembangan Diri 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Jumlah 
 | 
  
   
30 
 | 
  
   
31 
 | 
  
   
32 
 | 
  
   
36 
 | 
 
| 
   
Komponen 
 | 
  
   
Pelaksanaan 
 | 
  
   
Keterangan 
 | 
 
| 
   
1.      Berbaris di depan pintu  
 | 
  
   
* Peserta meliputi seluruh siswa kelas 1s/d 6 
 | 
  
   
Kegiatan dilakukan siswa setiap masuk kelas 
 | 
 
| 
   
2.   Berdo’a
  mengawali dan akhir  Pelajaran                          
 | 
  
   
* Seluruh
  warga kelas 1s/d 6 
 | 
  
   
Kegiatan ini dilakukan siswa di bimbing guru 
 | 
 
| 
   
3.   Pemeriksaan
  Kebersihan 
 | 
  
   
* Seluruh
  kelas 1 s/d 6 
 | 
  
   
Dilaksanakan setiap hari senin diperiksa oleh
  guru 
 | 
 
| 
   
4.   Tatakrama 
 | 
  
   
Sasaran siswa
  kelas 1 s/d 6 program kegiatan terprogram dan insidentil dan situasional 
 | 
  
   
Personil sekolah menjadi fasilitator dan model 
 | 
 
| 
   
5.   Kedisiplinan 
 | 
  
   
Sasaran siswa kelas 1 s/d 6  
Program kegiatan meliputi kedisiplinan diri
  terhadap tugas dan tanggung jawab sehari-hari di sekolah, dirumah dan
  dilingkungan 
 | 
  
   
Personil sekolah menjadi fasilitator dan model 
 | 
 
| 
   
6.  Budaya
  Membaca 
 | 
  
  
 
Program kegiatan kelas 4 s/d 6 pembiasaan tugas
  membaca buku 
 | 
  
   
Pembiasaan berkunjung dilaksanakan rutin minimal
  sebulaln sekali pembiasaan tugas membaca minimal satu buku setiap minggu 
 | 
 
| 
   
Komponen 
 | 
  
   
Pelaksanaan 
 | 
  
   
Keterangan 
 | 
 
| 
   
1. Karate 
 | 
  
  
  | 
  
   
Dilaksanakan diluar pelajaran pada sore hari jum’at 
 | 
 
| 
   
2. Renang 
 | 
  
  
  | 
  
   
Dilaksanakan diluar pelajaran  
Dilaksanakan setiap hari Rabu 
 | 
 
| 
   
3. Tenis Meja 
 | 
  
  
  | 
  
   
Dilaksanakan diluar pelajaran pada sore hari Sabtu 
 | 
 
| 
   
NO 
 | 
  
   
MATERI 
 | 
  
   
SEMESTER I 
 | 
  
   
SEMESTER II 
 | 
  
   
Ket 
 | 
 ||||||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   
7 
 | 
  
   
8 
 | 
  
   
9 
 | 
  
   
10 
 | 
  
   
11 
 | 
  
   
12 
 | 
 |||
| 
   
1 
 | 
  
   
Gerak dasar 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
Ujian 
Ujian 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Kuda-kuda 
 | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
3 
 | 
  
   
Tendangan lurus 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
4 
 | 
  
   
Tendangan samping 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
5 
 | 
  
   
Tendangan belakang 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
6 
 | 
  
   
Tendangan mutar 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
7 
 | 
  
   
Pukulan lurus 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
8 
 | 
  
   
Pukulan samping 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
9 
 | 
  
   
Pukulan memutar 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
10 
 | 
  
   
Tangkisan depan 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
11 
 | 
  
   
Tangkisan samping 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
12 
 | 
  
   
Langkah kaki siku 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
13 
 | 
  
   
Ropel langkah 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
14 
 | 
  
   
2 langkah samping 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
 |
| 
   
15 
 | 
  
   
bantingan 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
 |
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
NO 
 | 
  
   
MATERI 
 | 
  
   
SEMESTER I                           SEMESTER II 
 | 
  
   
KET 
 | 
 |||||||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   
7 
 | 
  
   
8 
 | 
  
   
9 
 | 
  
   
10 
 | 
  
   
11 
 | 
  
   
12 
 | 
 |||
| 
   
1 
2 
3 
4 
 | 
  
   
GAYA KUPU-KUPU 
 | 
  
   | 
 ||||||||||||
| 
   
Gerak maju 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Mengapung 
 | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Gerakan tangan 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Gerakan kaki                              
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Melayang 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
GAYA DADA 
 | 
 ||||||||||||||
| 
   
Ayunan tangan 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Gerak dada 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Gerak kaki 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
GAYA PUNGGUNG 
 | 
 ||||||||||||||
| 
   
Gerak ayun tangan 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Gerakan kaki 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
GAYA BEBAS 
 | 
 ||||||||||||||
| 
   
Gerakan tangan 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Gerakan kaki 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
 ||
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
NO 
 | 
  
   
MATERI 
 | 
  
   
SEMESTER I 
 | 
  
   
SEMESTER II 
 | 
  
   
KET 
 | 
 ||||||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   
7 
 | 
  
   
8 
 | 
  
   
9 
 | 
  
   
10 
 | 
  
   
11 
 | 
  
   
12 
 | 
 |||
| 
   
1 
2 
3 
 | 
  
   
SERVIS 
 | 
  
   | 
 ||||||||||||
| 
   
Melambungkan
  bola 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
cara memegang
  bet 
 | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Mengayun bet 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Memukul bola 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
PUKULAN SERANG 
 | 
 ||||||||||||||
| 
   
Kecondongan bet 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Cara mengayun
  bet 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Gerak badan 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Gerakan kaki 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Ayunan bahu 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
BERTAHAN 
 | 
 ||||||||||||||
| 
   
Posisi bet 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
Mengayun bet 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
beghen 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
v 
 | 
  
   
v 
 | 
  
   | 
 ||
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
SATUAN
  PENDIDI 
KAN 
 | 
  
   
KELAS 
 | 
  
   
SATU JAM PEMBELAJA 
RAN TATAP MUKA 
(MENIT) 
 | 
  
   
JUMLAH 
JAM PEMBELA 
JARAN PER 
MINGGU 
 | 
  
   
MINGGU
  EFEKTIF PER 
TAHUN
  PELAJAR 
AN 
 | 
  
   
WAKTU
  PEMBELAJARAN PER TAHUN 
 | 
  
   
JUMLAH JAM PER TAHUN ( @ 60 MENIT ) 
 | 
 
| 
   
SD 
 | 
  
   
1
  s/d III 
 | 
  
   
35 
 | 
  
   
Kelas
  : 
I.    30 
II.   31 
III.  32 
 | 
  
   
38 
 | 
  
   
Kelas  : 
I.   1050 
II.  1085 
III. 1120 
Jam pelajaran 
Kelas 
  : 
I.  
  37.800 menit 
II. 
  39.060 menit 
III. 
  40.320 menit 
 | 
  
   
Kelas  : 
I.   630 
II.  651 
III.
  672 
 | 
 
| 
   | 
  
   
IV
  s/d VI 
 | 
  
   
35 
 | 
  
   
36 
 | 
  
   
38 
 | 
  
   
1260
  jam pelajaran  ( 45360 menit ) 
 | 
  
   
756 
 | 
 
| 
   
No 
 | 
  
   
Kelas 
 | 
  
   
Jumlah Jam pelajaran tatap muka (JTM) per minggu 
 | 
  
   
Tugas (40% x JTM per minggu x 35 menit) 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
I-III 
 | 
  
   
30-32 
 | 
  
   
Terstruktur dan
  mandiri 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
IV-VI 
 | 
  
   
36 
 | 
  
   
Terstruktur dan
  mandiri 
 | 
 
| 
   
Mata Pelajaran 
 | 
  
   
Kriteria Ketuntasan
  Minimal 
 | 
 |||||||
| 
   
Pengetahuan 
 | 
  
   
Praktik 
 | 
  
   
Sikap 
 | 
 ||||||
| 
   
KELAS 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
1.      
  Pendidikan Agama 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
63 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
B 
 | 
 
| 
   
2.      
  Pendidikan KN 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
62 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
B 
 | 
 
| 
   
3.      
  Bahasa Indonesia 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
B 
 | 
 
| 
   
4.      
  Matematika 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
B 
 | 
 
| 
   
5.      
  Ilmu Pengetahuan Alam 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
61 
 | 
  
   
61 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
67 
 | 
  
   
67 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
B 
 | 
 
| 
   
6.      
  Ilmu Pengetahuan Sosial 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
61 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
66 
 | 
  
   
66 
 | 
  
   | 
  
   
B 
 | 
 
| 
   
7.      
  Seni Budaya 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
B 
 | 
 
| 
   
8.      
  Pendidikan
  Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
65 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
B 
 | 
 
| 
   
A.      Muatan
  Lokal 
Lingkungan
  Hidup 
- Bahasa
  Inggris 
 | 
  
   
60 
- 
 | 
  
   
60 
- 
 | 
  
   
65 
60 
 | 
  
   
65 
63 
 | 
  
   
65 
62 
 | 
  
   
65 
63 
 | 
  
   
B 
 | 
  
   
B 
 | 
 
| 
   
B.      Pengembangan
  diri 
- Pramuka 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
- BP/ Budi pekerti dan Akhlak Mulia 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
B 
 | 
  
   
B 
 | 
 
| 
   
No 
 | 
  
   
Kegiatan 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
Keterangan 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Permulaan tahun pelajaran 
 | 
  
   
Awal tahun pelajaran 
 | 
  
   
11 Juli 2011 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Minggu efektif belajar 
 | 
  
   
36 minggu 
 | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Ujian/ulangan 
 | 
  
   
2 
  minggu (setiap semester 1 minggu) 
 | 
  
   
Pada semester 1 
Dilaksanakan pada : 
Desember, tanggal 12-17 
Pada semester 2dilaksanakan pada Juni, tanggal 4-9 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Hari libur keagamaan 
 | 
  
   
3 minggu 
 | 
  
   
1.Libur awal Ramadhan  
30 Juli s.d. 2 agustus  
2. Libur Hari Raya Idul Fitri 
25 Agustus s.d. 5 September  
 | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
Jeda Tengah Semester 
 | 
  
   
1 Minggu 
(3 hari semester 1, dan 3 hari semester 2) 
 | 
  
   
s.d. desember 
s.d. juni 
 | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   
Pembagian Rapor 
 | 
  
   
Akhir semester 1 
 | 
  
   
24 Desember 2011 
 | 
 
| 
   
7 
 | 
  
   
Jeda antarsemester 
 | 
  
   
2 Minggu 
 | 
  
   
26 Desember -7 januari  
 | 
 
| 
   
8 
 | 
  
   
Ujian Sekolah 
 | 
  
   
3 hari 
 | 
  
   
7 mei-10 mei 
 | 
 
| 
   
9 
 | 
  
   
Ujian Nasional 
 | 
  
   
3 hari 
 | 
  
   
7 mei-8 mei 2012 
 | 
 
| 
   
10 
 | 
  
   
Pembagian Rapor 
 | 
  
   
Akhir semester 2 
 | 
  
   
23 juni 2012 
 | 
 
| 
   
11 
 | 
  
   
Libur Akhir Tahun Pelajaran 
 | 
  
   
2 Minggu 
 | 
  
   
25 Juni s.d. 7 juli 
 | 
 
| 
   
12 
 | 
  
   
Program Remidial 
 | 
  
   
Sepanjang hari efektif belajar (16 hari efektif) 
 | 
  
   
Untuk remedial proses  
Untuk remidial  tes yang di
  laksanakan setelah ujian dengan menggunakan hari efektif belajar 
 | 
 
| 
   
13 
 | 
  
   
Hari Libur Umum/Nasional 
 | 
  
   
7 hari 
 | 
  
   
Disesuaikan dengan pusat 
 | 
 
| 
   
14 
 | 
  
   
Hari Libur Khusus 
 | 
  
   
1 minggu 
 | 
  
   
Sesuai dengan kondisi sekolah yang bersangkutan  
 | 
 










No comments:
Post a Comment