- Undang – undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional pasal 3 ayat 2 dan pasal 51 ayat 1
- Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 17 ayat 2, dan pasal 49 ayat 1
- Peraturan Mendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
- Peraturan Mendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Tetang Standar Kompetensi lulusan
- Peraturan Mendiknas Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksaan Permendinas Nomor 22dan 23
- SK Direjen Mendikdasmen Nomor : 576 / C / KEP / TU / 2006 Tentang Bentuk LHBS Pererta Didik dan Tata Cara Penyusunan LHBS Peserta Didik Satuan Pendidikan Dasar dan Menegah
- Surat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Barat Nomor : 422 .5 / 106 / III . 05 / 2007 Tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor : 22 , 23 dan 24 Tahun 2006
- Menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran.
- Menumbuh kembangkan semangat keunggulan dan bernalar sehat kepaada peserta didik, guru dan karyawan sehingga berkemauan kuat untuk terus maju.
- Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama dan budaya bangsa serta berakhlak mulia
- Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian , cerdas, berkualitas dan berprestasi
- Menanamkan sikap ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi dengan lingkungan dan mengembangkan sifat sportifitas
- Membekali peserta didik agar memiliki tehnologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri
|
Kelompok Mata Pelajaran
|
Cakupan
|
1.
|
Agama dan
Akhlak Mulia
|
Kelompok mata
pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik
menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral
sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
|
2.
|
Kewarganegaraan
dan Kepribadian
|
Kelompok mata
pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan
kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kewajibannya dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas
dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan
wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara,
penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian
lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial,
ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti
korupsi, kolusi, dan nepotisme.
|
3.
|
Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi
|
Kelompok mata
pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD Bangka Barat dimaksudkan
untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta
membudayakan berpikir ilmiah secara kritis kreatif dan mandiri
|
4.
|
Estetika
|
Kelompok mata
pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan
mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan
mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi
dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan
mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu
menciptakan kebersamaan yang harmonis.
|
5.
|
Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
|
Kelompok mata
pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SD Bangka Barat dimaksudkan
untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin,
kerja sama, dan hidup sehat. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap,
dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual atau yang bersifat kolektif
kemasyarakatan seperti keterbatasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan
narkoba, HIV/AIDS. Demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial
untuk mewabah.
|
6.
|
Ketrampilan
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
- Pendidikan Agama Islam
- Pendidikan Kewarganegaraan
- Bahasa Indonesia
- Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun, dan cerita rakyat
- Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, deskrisi peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama, dan puisi.
- Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita dan drama
- Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk berbentuk cerita, puisi, dan pantun
- Matematika
- Ilmu Pengetahuan Alam
- Penyajian materi berdasarkan kelas
- Penyajian materi berdasarkan materi Pendidikan Lingkungan Hidup
- Kurikulum SD Negeri 10 Muntok memuat 8 mata pelajaran , muatan lokal dan pengembangan diri.
- Subtansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan “ IPA TERPADU “ dan “IPS TERPADU “.
- Pembelajaran pada kelas I sampai dengan III dilaksanakan melalui pendekatan tematik , Untuk SD N 10 Muntok kelas 1 – III 516-612 jam/ tahun, sedangkan pada kelas IV – VI Untuk
- Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit.
- Minggu efektif satu tahun pelajaran ( dua semester ) adalah 34 - 38 minggu
KOMPONEN
|
Kelas dan Alokasi Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV , V , dan VI
|
|
A. Mata Pelajaran
|
||||
1. Pendidikan Agama
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
8
|
7
|
7
|
6
|
4. Metematika
|
7
|
8
|
8
|
6
|
5. ILmu
Pengetahuan Alam
|
2
|
2
|
2
|
4
|
6. ILmu Pengetahuan Sosial
|
2
|
2
|
2
|
4
|
7. Seni Budaya dan Keterampilan
|
3
|
3
|
3
|
4
|
8.
Pendidikan Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan
|
2
|
3
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
B. Muatan Lokal
|
||||
1. Kesenian Daerah bangka
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2. Lingkungan Hidup
|
|
|
1
|
2
|
|
|
|
|
|
C.
Pengembangan Diri
|
|
|
|
|
Jumlah
|
30
|
31
|
32
|
36
|
Komponen
|
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1. Berbaris di depan pintu
|
* Peserta meliputi seluruh siswa kelas 1s/d 6
|
Kegiatan dilakukan siswa setiap masuk kelas
|
2. Berdo’a
mengawali dan akhir Pelajaran
|
* Seluruh
warga kelas 1s/d 6
|
Kegiatan ini dilakukan siswa di bimbing guru
|
3. Pemeriksaan
Kebersihan
|
* Seluruh
kelas 1 s/d 6
|
Dilaksanakan setiap hari senin diperiksa oleh
guru
|
4. Tatakrama
|
Sasaran siswa
kelas 1 s/d 6 program kegiatan terprogram dan insidentil dan situasional
|
Personil sekolah menjadi fasilitator dan model
|
5. Kedisiplinan
|
Sasaran siswa kelas 1 s/d 6
Program kegiatan meliputi kedisiplinan diri
terhadap tugas dan tanggung jawab sehari-hari di sekolah, dirumah dan
dilingkungan
|
Personil sekolah menjadi fasilitator dan model
|
6. Budaya
Membaca
|
Program kegiatan kelas 4 s/d 6 pembiasaan tugas
membaca buku
|
Pembiasaan berkunjung dilaksanakan rutin minimal
sebulaln sekali pembiasaan tugas membaca minimal satu buku setiap minggu
|
Komponen
|
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1. Karate
|
|
Dilaksanakan diluar pelajaran pada sore hari jum’at
|
2. Renang
|
|
Dilaksanakan diluar pelajaran
Dilaksanakan setiap hari Rabu
|
3. Tenis Meja
|
|
Dilaksanakan diluar pelajaran pada sore hari Sabtu
|
NO
|
MATERI
|
SEMESTER I
|
SEMESTER II
|
Ket
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|||
1
|
Gerak dasar
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ujian
Ujian
|
2
|
Kuda-kuda
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Tendangan lurus
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Tendangan samping
|
|
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Tendangan belakang
|
|
|
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Tendangan mutar
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Pukulan lurus
|
|
|
|
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Pukulan samping
|
|
|
|
|
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Pukulan memutar
|
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Tangkisan depan
|
|
|
|
|
|
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
11
|
Tangkisan samping
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
12
|
Langkah kaki siku
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
13
|
Ropel langkah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
v
|
|
|
|
14
|
2 langkah samping
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
v
|
|
|
15
|
bantingan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
MATERI
|
SEMESTER I SEMESTER II
|
KET
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|||
1
2
3
4
|
GAYA KUPU-KUPU
|
|
||||||||||||
Gerak maju
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Mengapung
|
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Gerakan tangan
|
|
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Gerakan kaki
|
|
|
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Melayang
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
||
GAYA DADA
|
||||||||||||||
Ayunan tangan
|
|
|
|
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
||
Gerak dada
|
|
|
|
|
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
||
Gerak kaki
|
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
||
GAYA PUNGGUNG
|
||||||||||||||
Gerak ayun tangan
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
||
Gerakan kaki
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
||
GAYA BEBAS
|
||||||||||||||
Gerakan tangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
v
|
|
|
||
Gerakan kaki
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
v
|
v
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
MATERI
|
SEMESTER I
|
SEMESTER II
|
KET
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|||
1
2
3
|
SERVIS
|
|
||||||||||||
Melambungkan
bola
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
cara memegang
bet
|
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Mengayun bet
|
|
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Memukul bola
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
PUKULAN SERANG
|
||||||||||||||
Kecondongan bet
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Cara mengayun
bet
|
|
|
|
|
v
|
v
|
|
|
|
|
|
|
||
Gerak badan
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
|
|
||
Gerakan kaki
|
|
|
|
|
|
|
v
|
v
|
|
|
|
|
||
Ayunan bahu
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
||
BERTAHAN
|
||||||||||||||
Posisi bet
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
|
|
|
|
||
Mengayun bet
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
v
|
|
|
||
beghen
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
v
|
v
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SATUAN
PENDIDI
KAN
|
KELAS
|
SATU JAM PEMBELAJA
RAN TATAP MUKA
(MENIT)
|
JUMLAH
JAM PEMBELA
JARAN PER
MINGGU
|
MINGGU
EFEKTIF PER
TAHUN
PELAJAR
AN
|
WAKTU
PEMBELAJARAN PER TAHUN
|
JUMLAH JAM PER TAHUN ( @ 60 MENIT )
|
SD
|
1
s/d III
|
35
|
Kelas
:
I. 30
II. 31
III. 32
|
38
|
Kelas :
I. 1050
II. 1085
III. 1120
Jam pelajaran
Kelas
:
I.
37.800 menit
II.
39.060 menit
III.
40.320 menit
|
Kelas :
I. 630
II. 651
III.
672
|
|
IV
s/d VI
|
35
|
36
|
38
|
1260
jam pelajaran ( 45360 menit )
|
756
|
No
|
Kelas
|
Jumlah Jam pelajaran tatap muka (JTM) per minggu
|
Tugas (40% x JTM per minggu x 35 menit)
|
1
|
I-III
|
30-32
|
Terstruktur dan
mandiri
|
2
|
IV-VI
|
36
|
Terstruktur dan
mandiri
|
Mata Pelajaran
|
Kriteria Ketuntasan
Minimal
|
|||||||
Pengetahuan
|
Praktik
|
Sikap
|
||||||
KELAS
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
|
1.
Pendidikan Agama
|
65
|
65
|
65
|
65
|
63
|
65
|
-
|
B
|
2.
Pendidikan KN
|
60
|
62
|
60
|
60
|
65
|
65
|
-
|
B
|
3.
Bahasa Indonesia
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
-
|
B
|
4.
Matematika
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
-
|
B
|
5.
Ilmu Pengetahuan Alam
|
60
|
61
|
61
|
65
|
67
|
67
|
-
|
B
|
6.
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
60
|
61
|
60
|
65
|
66
|
66
|
|
B
|
7.
Seni Budaya
|
65
|
60
|
65
|
65
|
65
|
65
|
-
|
B
|
8.
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
-
|
B
|
A. Muatan
Lokal
Lingkungan
Hidup
- Bahasa
Inggris
|
60
-
|
60
-
|
65
60
|
65
63
|
65
62
|
65
63
|
B
|
B
|
B. Pengembangan
diri
- Pramuka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- BP/ Budi pekerti dan Akhlak Mulia
|
|
|
|
|
|
|
B
|
B
|
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1
|
Permulaan tahun pelajaran
|
Awal tahun pelajaran
|
11 Juli 2011
|
2
|
Minggu efektif belajar
|
36 minggu
|
|
3
|
Ujian/ulangan
|
2
minggu (setiap semester 1 minggu)
|
Pada semester 1
Dilaksanakan pada :
Desember, tanggal 12-17
Pada semester 2dilaksanakan pada Juni, tanggal 4-9
|
4
|
Hari libur keagamaan
|
3 minggu
|
1.Libur awal Ramadhan
30 Juli s.d. 2 agustus
2. Libur Hari Raya Idul Fitri
25 Agustus s.d. 5 September
|
5
|
Jeda Tengah Semester
|
1 Minggu
(3 hari semester 1, dan 3 hari semester 2)
|
s.d. desember
s.d. juni
|
6
|
Pembagian Rapor
|
Akhir semester 1
|
24 Desember 2011
|
7
|
Jeda antarsemester
|
2 Minggu
|
26 Desember -7 januari
|
8
|
Ujian Sekolah
|
3 hari
|
7 mei-10 mei
|
9
|
Ujian Nasional
|
3 hari
|
7 mei-8 mei 2012
|
10
|
Pembagian Rapor
|
Akhir semester 2
|
23 juni 2012
|
11
|
Libur Akhir Tahun Pelajaran
|
2 Minggu
|
25 Juni s.d. 7 juli
|
12
|
Program Remidial
|
Sepanjang hari efektif belajar (16 hari efektif)
|
Untuk remedial proses
Untuk remidial tes yang di
laksanakan setelah ujian dengan menggunakan hari efektif belajar
|
13
|
Hari Libur Umum/Nasional
|
7 hari
|
Disesuaikan dengan pusat
|
14
|
Hari Libur Khusus
|
1 minggu
|
Sesuai dengan kondisi sekolah yang bersangkutan
|
No comments:
Post a Comment