- Dengan informasi dan materi dari BIMTEK pembuatan soal yang disampaikan, peserta dapat lebih memahami tentang penulisan soal terstandar dan berkualitas
- Rencana kegiatan memperingati Hari Guru 2017 terus berusaha diupayakan agar bisa terlaksana.@
KKG Kelas VI; November 2017 "Kedua"
Oleh: "Isriyanto, S.Pd" | Giat Belajar
Nov 18, 2017
Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Hari/Tanggal : Sabtu, 18 November 2017
Waktu : 10.30 WIB
Tempat : SD Negeri 21 Muntok
Kegiatan/Agenda
1. Sosialisasi hasil BIMTEK Pembuatan Soal
2. Agenda dan Program Hari Guru 2017
Deskripsi Kegiatan
Dihadiri 18 guru tanpa pengawas dan pendamping. Dalam kegiatan ini sesuai dengan agenda pertemuan KKG sebelumnya yaitu setelah pelaksanaan BIMTEK Pembuatan Soal, bagi peserta untuk dapat mensosialisasikan hasinya. Beberapa hal yang disampaikan adalah :
Penulisan Soal Terstandar
Khusus pembuatan soal Kelas VI pada dasarnya mengacu kepada Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yaitu kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan PP No.23/2006 mencakup 3 hal yaitu; Sebagai pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, meliputi kompetensi seluruh mata pelajaran, dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Penddidikan (BSNP).
Langkah-langkah Pengembangan Soal Terstandar
Penentuan tujuan tes, Penyusunan kisi-kisi tes, Penulisan soal, Penelaahan soal (validasi soal), Perakitan soal menjadi perangkat tes, Uji coba soal termasuk analisisnya-nya, Bank soal, Penyajian tes kepada siswa, dan Skoring (pemeriksaan jawaban siswa).
Salah satu faktor penting yang dapat memberikan pengaruh terhadap soal yang dihasilkan adalah Kisi-Kisi yaitu suatu format atau matriks yang memuat informasi yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis tes atau merakit tes.
Prinsip Penulisan Soal
1. VALID : Mengujikan Materi/Kompetensi Yang Tepat (UKRK + Measureble)
2. RELIABEL : Konsisten hasil pengukurannya
3. FAIR (Tidak merugikan pihak tertentu):
a. JUJUR (HONESTY):
-Tingkat kesukaran soal = kemampuan siswa
-Tidak menjebak
-Materi yang diujikan sesuai dengan jenis tes dan bentuk soal yang digunakan
-Menetapkan penskoran yang tepat
b. SEIMBANG (BALANCE):
-Materi yang diujikan=materi yang diajarkan
-Waktu untuk mengerjakan soal sesuai
-Mengurutkan soal dari yang mudah – sukar
-Mengurutkan level kognitif dari yang rendah – tinggi
-Mengurutkan/mengelompokkan jenis bentuk soal yang digunakan
c. ORGANISASI:
-Jelas petunjuk dan perintahnya
-Urutan materi dalam tes = urutan materi yang diajarkan
-Layout soal jelas dan mudah dibaca
-Berpenampilan profesional.
4. TRANSPARAN : Jelas apa yang diujikan, tugasnya, dan kriteria penskorannya?
5. AUTENTIK : Harus hasil kerja siswa dan sesuai dengan dunia riil/nyata.
KAIDAH PENULISAN SOAL KOMPETENSI
1. Berhubungan dengan kondisi pembelajaran di kelas atau di luar kelas
2. Berhubungan erat antara proses, materi, kompetensi dan pengalaman belajar
3. Mengukur kompetensi siswa
4. Mengukur beberapa kemampuan yang diwujudkan dalam stimulus soal
5. Mengukur kemampuan berpikir kritis
6. Mengandung pemecahan masalah
Selain itu pula dari kegiatan BIMTEK Pembuatan Soal selama tiga hari telah tersusun soal Evaluasi Belajar Semester (EBS) I Tahun Pelajaran 2017/2018 dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan Matematika.
Setelah sosialisasi dan informasi kegiatan BIMTEK, disampaikan pula tentang program memperingati Hari Guru 2017 berupa Lomba Cerdas Cermat untuk siswa kelas VI se Kecamatan Muntok atau seminar pendidikan untuk guru kelas VI Kecamatan Muntok. Untuk hal ini belum ada keputusan yang bisa diambil dengan pertimbangan dana yang belum mendukung.
Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
DOKUMENTASI
Label:
KKG,
PENDIDIKAN
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment