Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Hari/Tanggal : Sabtu, 4 November 2017
Waktu : 10.30 WIB
Tempat : SD Negeri 1 Muntok
Kegiatan/Agenda
1. Sosialisasi Materi Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi
2. Agenda dan Program Kerja Berikutnya
Deskripsi Kegiatan
Pada kegiatan ini dihadiri oleh 22 guru kelas VI Kecamatan Muntok, 2 pengawas SD Kecamatan Muntok (Budi Wahana, S.Pd.I dan H. Samsuri, S.Pd.I) dan juga dihadiri 2 pendamping dari K3S Kecamatan Muntok (Bukhari, S.Pd.SD dan Sumarni, S.Pd.SD).
Kegiatan dibuka dengan pengarahan sekaligus pemaparan materi dan informasi dari pengawas SD Kecamatan Muntok :
Budi Wahana, S.Pd.I
- Memberikan apresiasi kepada KKG Kelas VI Kecamatan Muntok yang aktif dan eksis dalam usahar repitalisasi KKG. Arahannya agar tetapa dijaga dan dipertahankan
- Pengumpulan PAK Tahunan telah berakhir, kenaikan pangkat masih ada waktu sampai 8 Desember 2017
- Pangkat yang sudah diatas III c harus dapat mempersiapkan publikasi karya ilmiah. Cukup menemui 4 pembimbing. Kelemahan di Bangka Barat karya ilmiah dan pembelajaran.
- K13 disikapi jangan dijadikan sebagai beban tapi diterima sebagai tanggung jawab dan amanah.
H. Samsuri, S.Pd.I :
- Tugas diberikan LPMP tentang sosialisasi pentingnya karya ilmiah. Menjadi mudah kalau memiliki modal “kawah”. Dengan kecanggihan teknologi sangat memberikan kemudahan untuk menunjang pembuatan karya ilmiah.
- Tugas diberikan LPMP, memastikan guru sudah bisa menetapkan KKM. KKG bisa menjadi tempat pembuatan KKM secara berkelompok yang bisa menjadi lebih ringan. Aspek kriteria KKM : Kompleksitas – Daya dukung – Intake Siswa.
Dilanjutkan dengan Sosialisasi Materi Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi dari guru yaitu Rizhan Mulawarman, S.Pd.SD dari SD Negeri 9 Muntok. Sosialisasi
materi Peningkatan kompetensi media pembelajaran dan guru pembelajar yang
disampaikan dibuka dengan kegiatan dinamika
kelompok. Berupa menuliskan karakter guru, menggambarkan karakter sesuai
karekter setiap kelompok yang dituliskan, kemudian membacakan di depan kelompok
yang lain.
Dalam kegiatan ini pula mengingatkan pertanyaan “SIAPAKAH SAYA ?”.
Beberapa materi penting yang disampaikan;
Kreatif dan
Inovatif :
Menemukan ide
– ide baru secara berkesinambungan dalam :
Ø
Membuat administrasi kelas maupun bidang
study
Ø
Mengelola kegiatan belajar untuk mencapai
tujuan pembelajaran
Ø
Memiliki konsep nyata utnuk kemajuan peserta
didik dalam pencapaian ketuntasan belajar
Kreatif dan
inovatif hampir selalu berdampingan, karena dari kreatiflah maka akan muncul
inovatif
Contoh :
Ø
Melengkapi admistrasi baik untuk guru kelas
maupun bidang study ( Prota, Promes,
Silabus. RPP, dan kelengkapan laiannya )
sesuai dengan kepentingan sekolah masing
– masing
Ø
Melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan
berbagai metode sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran yang hendak
dicapai
Tujuan Pendidikan Nasional
(Pasal 3 UU No 20 Sisdiknas Tahun 2003)
Berkembangnya
Potensi Peserta Didik Agar Menjadi Manusia Yang Beriman Dan Bertakwa Kepada Tuhan
Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, Sehat, Berilmu, Cakap, Kreatif, Mandiri, Dan
Menjadi Warga Negara Yang Demokratis
Serta Bertanggung Jawab.
TEORI
BELAJAR
KOGNITIVISME :
|
KONSTRUKTIVISME :
|
- Fokus pada peranan kognitif
- Menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan pengetahuan yang baru dibelajarkan
- Konstektual ( dihubungkan dengan kondisi nyata di lingkungan sekitar )
- Mengutamakan pembentukaan struktur kognitif
|
- Belajar berarti membentuk makna
- Ada proses membangun pengetahuan berkelanjutan
- Konstektual ( dihubungkan dengan kondisi nyata di lingkungan sekitar )
- Mengutamakan mengkonstruksi pengetahuan melalui pengalaman belajar
- Mendorong untuk mencapai tingkatan pengetahuan yang lebih tinggi : factual, konseptual, megakognitif
|
Setelah penyampaian materi dengan panjang lebar dilanjutkan dengan rencana program kegiatan kerja yaitu kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Pembuatan Soal Tingkat Kabupaten Bangka Barat pada tanggal 15 s.d 17 November 2017. Dalam kesempatan itu dimusyawarakan untuk memilih 15 guru untuk mewakili KKG Kelas VI Kecamatan Muntok, yaitu :
No
|
Nama
|
Asal Sekolah
|
Mata Pelajaran
|
1
|
SRI KARTINI,
S.Pd.SD
|
SDN 3 MUNTOK
|
BAHASA INDONESIA
|
2
|
LIDIA,
S.Pd.SD
|
SDN 6 MUNTOK
|
3
|
MELISA
ASTUTY, S.Pd.SD
|
SDN 8 MUNTOK
|
4
|
SUKIDI, S.Pd
|
SDN 15
MUNTOK
|
5
|
HARTINI
PAHLITA, S.Pd.SD
|
SD
MUHAMMADIYAH
|
6
|
ETI MARLINA,
S.Pd.SD
|
SDN 4 MUNTOK
|
IPA
|
7
|
SRI
PURMAWATI, S.Pd.SD
|
SDN 20
MUNTOK
|
8
|
ERMAN,
S.Pd.SD
|
SDN 22
MUNTOK
|
9
|
DEFI
ESTRIYANI, S.Pd
|
SDN 23
MUNTOK
|
10
|
DONARIA
MARBUN, S.Pd.SD
|
SD SANTA
MARIA
|
11
|
HABIBAH
NASUTION, S.Pd.SD
|
SDN 1 MUNTOK
|
MATEMATIKA
|
12
|
RIZHAN
MULAWARMAN, S.Pd.SD
|
SDN 9 MUNTOK
|
13
|
SURIADI,
S.Pd.SD
|
SDN 12
MUNTOK
|
14
|
MUHAMMAD
ISKANDAR, S.Pd
|
SDN 16
MUNTOK
|
15
|
FAIZAH,
S.Pd.SD
|
SDN 21
MUNTOK
|
Tindak Lanjut dan Pengembangan Diri
- Dengan materi dan informasi Pengawas SD, peserta dapat mengetahui kendala yang dihadapi dalam penyusunan PAK Tahunan bagi guru PNS. Peserta dapat memahami dan melakukan penghitungan KKM sesuai dengan format yang berlaku
- Dengan sosialisasi materi, peserta dapat lebih memahami dan mengaktualisasikan perannya dalam kegiatan belajar mengajar di kelas
- Guru yang ditunjuk sebagai peserta BIMTEK Pembuatan Soal agar dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan mensosialisasikan hasilnya dalam KKG berikutnya. @
Dokumentasi
No comments:
Post a Comment