Home »
PENDIDIKAN
» Pelatihan IN/Mentor Guru Pembelajar SD Region Bangka Belitung Angkatan IV
Pelatihan IN/Mentor Guru Pembelajar SD Region Bangka Belitung Angkatan IV
Oleh: "Isriyanto, S.Pd" | Giat Belajar
Aug 14, 2016
Berdasarkan Surat Undangan Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga
Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) untuk mengikuti Kegiatan
Pelatihan Instruktur Nasional Program Guru Pembelajar SD Angkatan IV. Kurang lebih
125 guru sebagai peserta se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti kegiatan tersebut
di Hotel Novotel Pangkalpinang selama 10 hari (4 – 13 Agustus 2016).
Sedangkan tujuan dari kegiatan ini ditulis pada Kata
Pengantar pada buku panduan kegiatan oleh Ka. P4TK IPA melalui Kepala Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi
Drs. Iwan Heryawan, M.Si., adalah
untuk menghasilkan IN/Mentor yang mampu memahami materi latihan berupa konsep,
strategi penggunaan modul, dan strategi pelaksanaan kegiatan Pelatihan
IN/Mentor Guru Pembelajar, dan memfasilitasi kegiatan Guru Pembelajar sesuai
dengan skenario pembelajaran.
Mekanisme kegiatan dapat
disampaikan seperti gambar berikut.
Sedangkan Deskripsi Materi adalah sebagai berikut.
A.
Topik Umum
a. Kebijakan
Pengembangan dan Pembinaan Karir Guru. Bagian ini membahas tentang kebijakan pendidikan
tentang pelaksanaan Guru Pembelajar
b. Program Guru
Pembelajar. Bagian ini membahas tentang Kebijakan Program Guru Pembelajar dan
moda-moda dalam Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar yang meliputi
mota Tatap Muka, Moda Daring dan Daring Kombinasi.
B.
Topik Pokok
a.
Overview Program
Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar
Pada bagian ini membahas petunjuk teknis moda tatap muka
dan moda daring. Untuk moda tatap muka membahas penetapan peserta, Instruktur
Nasional, dan Penyelenggara, Struktur program, pendekatan, metode, dan jadwal
pelaksanaan, penilaian, pelaporan dan sertfikat.
Sedangkan moda daring disampaikan materi tentang
arsitektur sistem moda daring; model-model dalam moda daring, model
pembimbingan pada moda daring, peran dan tanggung jawab berbagai unsur,
kriteria, peran dan tanggung jawab petugas, waktu, tempat, struktur
program, mekanisme pelaksanaan,
penilaian dan sertfikasi; serta monitoring dan evaluasi.
b.
Literasi TIK
Pendukung Pembelajaran Daring
Pada bagian ini membahas tentang pemanfaatan TIK yang
meliputi Dasar-dasar Komputer dan Pengenalan Internet sebagai pendukung
pelakanaan Moda Daring.
c.
Pendekatan Andragogi
dalam Guru Pembelajar
Pada bagian ini membahas tentang tiga tipe pembelajar,
karakteristik belajar orang dewasa serta strategi pembelajaran bagi orang
dewasa
d.
Kajian dan Simulasi
Penggunaan Modul Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar.
Pada bagian ini membahas tentang modul Peningkatan
Kompetensi Guru Pembelajar baik untuk kompetensi pedagogik maupun kompetensi
profesional serta strategi penggunaan modul. Kegiatan kajian modul kompetensi
pedagogik maupun kompetensi profesional dilakukan oleh peserta dalam kelompok.
Setelah mengkaji modul, peserta melakukan simulasi cara penggunaan modul
Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar Moda Tatap Muka pada saat memfasilitasi Guru Pembelajar.
Untuk moda daring disampaikan materi tentang pengenalan
fitur-fitur dalam sistem Moda Daring yang menggunakan LMS Moodle, antara lain :
page, book, lesson, file, folder, message, forum, blog, E-Portofolio, Chat,
Video conference, Quiz dan Survey.
e.
Pengembangan butir
soal
Pada bagian ini membahas tentang pembuatan butir
soal-soal setara soal Uji Komptensi Guru (UKG). Soal yang dibuat dikumpulkan
sebagai bank soal.
C.
Topik Penunjang
a.
Penyusunan RTL
Pada bagian ini membahas tentang penyusunan rencana
tindak lanjut yang akan dilaksanakan oleh peserta setelah mengikuti kegiatan
pelatihan
b.
Tes Awal dan Tes
Akhir
Pada bagian ini peserta melakukan tes awal untuk melihat
kemampuan awal peserta sebelum mengikuti pelatihan dan melakukan tes akhir
untuk melihat kemampuan peserta setelah mengikuti pelatihan. Dari hasil kegiatan seluruh peserta dinyatakan LULUS sebagai Instruktur Nasional/Mentor dalam kegiatan Guru Pembelajar. @
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment