Home » , » KKG Kelas VI; April 2018

KKG Kelas VI; April 2018

Oleh: "Isriyanto, S.Pd" | Giat Belajar Apr 6, 2018


Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Hari/Tanggal      : Kamis, 5 April 2018
Waktu                 : 11.00 WIB
Tempat               : SD Negeri 9 Muntok

Kegiatan/Agenda

  •  Penyampaian Kisi-kisi USBN Th. Pelajaran 2017/2018
  •  Evaluasi dan Pelaporan
  •  Penutupan KKG Th. Pelajaran 2017/2018

Deskripsi Kegiatan
Kegiatan dimulai dengan pembukaan dari Pengawas SD Kecamatan Muntok Bapak Budi Wahana, S.Ag dengan penyampaian bebarapa informasi sekaligus arahan kepada peserta KKG Kelas VI Kecamatan Muntok. Diantara yang beliau sampaikan adalah pengembangan/pembentukan karakter di sekolah. Sebelumnya beliau menyampaikan rasa salut kepada KKG Kelas VI Kecamatan Muntok yang bukan hanya sekedar aktif dalam kegiatan tetapi juga telah memberikan contoh karakter yang baik dalam bekerjasama, baik dalam internal KKG maupun dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat terutama bebeberapa waktu lalu dalam mensuksekan pembuatan soal USBN 2017/2018. Karena sebagaimana diketahui kegiatan pembuatan USBN di tingkat kabupaten adalah yang pertama kali, tentu persiapan belum maksimal. Akan tetapi, peran dan dedikasi tinggi yang diberikan KKG Kelas VI Muntok guna kesuksesan kegiatan tersebut patut mendapatkan apresiasi yang tinggi.

Kepada 27 peserta KKG, beliau pun menyampaikan tentang Literasi yaitu bahwa selama ini kita mengenalkan peserta didik tentang Membaca, Menulis, dan Beritung (CALISTUNG) maka ini harus diberikan keluasan makna yaitu Literasi, karena pembekalan sesungguhnya kepada peserta didik lebih dari sekedar kemampuan baca tulis. Namun lebih dari itu, dengan Literasi berarti mempersiapkan kemampuan individu peserta didik untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam hidupnya. Dengan pemahaman bahwa literasi mencakup kemampuan membaca kata dan membaca dunia. Kemudian, selama ini barangkali sudah kita laksanakan Literasi tetapi hanya sebatas memunculkan minat baca dan mengabaikan daya baca. Beliau mengumpamakan di group-group media sosial (MEDSOS), dimana anggota group hanya mau membaca bacaan yang bersifak kontekstual dan singkat. Tetapi, ketika bertemu dengan materi dan bacaan panjang seringkali muncul rasa malas untuk membaca.

Selanjutnya beliau pun menambahkan, KKG sebagai bagian dari program yang menjadi program unggulan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat maka, untuk anggaran tahun 2019 kepala dinas telah memprogramankan Studi Pembelajaran. Tujuannya adalah untuk membuka wawasan guru yang lebih luas dalam pendidikan serta menambah kualitas dan kemampuan guru dalam pembelajaran.

Pada agenda penyampaian Kisi-kisi USBN Th. Pelajaran 2017/2018 diwakili oleh Ibu Donaria Marbun, S.Pd.SD dan Bapak Rizhan Mulawarman, S.Pd mewakili dari tim pembuat soal USBN 2017/2018. Dalam penyampaian Ibu Dona, bahwa kisi-kisi USBN yang disampaikan ini tidak terlalu jauh dari kisi-kisi Try Out (TO) yang telah dibahas sebelumnya. Membedakannya barangkali adalah bentuk soal dan letak soal karena untuk USBN ini 20% butir soal adalah dari dari pusat (Nasional). Oleh karena itu guru-guru kelas VI Kecamatan Muntok jangan khawatir dan mempermasalahkan antara kisi-kisi TO dengan kisi-kisi USBN. Ditambahkan oleh Pak Rizhan, yang terpenting dilakukan oleh guru kelas VI satu bulan ini adalah mengoptimalkan sebaik mungkin dalam mempersiapkan peserta didik kita untuk menghadapi USBN tanggal 3 – 6 Mei yang akan datang.

Di sela agenda dilakukan tanya jawab tentang menumbuhkan motivasi belajar siswa terutama kelas VI yang akan menghadapi USBN. Diantara permasalahan yang dihadapi guru kelas VI saat ini adalah siswa tidak memperhatikan pembelajaran, malas sekolah, dan suara guru yang tidak terdengar oleh siswa. Beberapa tanggapan dari guru dalam menghadapi masalah-masalah tersebut adalah:
  1. Secara umum itu adalah masalah setiap sekolah terutama di kelas VI.
  2. Menghadapi siswa tidak memperhatikan pembelajaran gunakan metode sistem bermain. (metode pembelajaran yang sesuai)
  3. Mengawasi kegiatan siswa di luar sekolah serta berkunjung ke rumah siswa bagi yang malas sekolah. (rasa empati kepada siswa)
  4. gunakan media tambahan dalam pembelajaran yang bisa membantu siswa untuk mendengar, melihat, dan memahami pelajaran. (media pembelajaran)
  5. Terus berusaha, dan apapun hasilnya tetap jangan putus harapan terhadap peserta didik kita.

Kegiatan diakhiri dengan pelaporan sekaligus penutupan kegiatan untuk Th. Pelajaran 2017/2018. Laporan keuangan ditutup dengan saldo Rp 2.050.000,-. Kemudian ditutup dengan ucapan terima kasih atas kerjasama dari guru kelas VI Kecamatan Muntok dalam mensukseskan setiap kegiatan yang dilaksanakan selama ini. Serta permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan dan kekurangan serta hal-hal yang belum bisa memenuhi harapan dan keinginan rekan-rekan guru dalam kegiatan KKG selama ini.

Tindak lanjut dan pengembangan diri :
  1. Dapat meningkatkan motivasi guru kelas VI Kecamatan Muntok menjaga kebersamaan pada setiap kegiatan KKG
  2. Dapat mengembangkan aktivitas Literasi baik bagi guru sendiri maupun peserta didik
  3. Dapat menelaah kisi-kisi USBN 2017/2018 untuk disampaikan kepada peserta didik dalam menghadapi USBN.
  4. Sikap keterbukaan sesama anggota terutama tentang laporan keuangan organisasi.@



DOKUMENTASI














Share this article :

No comments:

 
Support : Harapan hati, bisa bermanfaat dan diterima apa yang ada di blog ini | Kalau Suka tolong di LIKE facebooknya
Copyright © 2016. Isriyanto - All Rights Reserved
Template Modify by Isriyanto, S.Pd.SD Inspired Love for Blog
Proudly powered by Blogger