Home » , , » Pendampingan Individu 1 || Portofolio Digital CGP

Pendampingan Individu 1 || Portofolio Digital CGP

Oleh: "Isriyanto, S.Pd" | Giat Belajar Sep 16, 2023


Pelaksanaan Pendampingan Individu (PI) 1 adalah pendampingan kepada CGP dengan Tema Pendampingan: Refleksi awal kompetensi guru penggerak. Sedangkan Fokus Pendampingan
  • Diskusi tantangan belajar daring, 
  • Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara, 
  • Diskusi pembuatan kerangka portofolio, dan 
  • Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam dalam kompetensi guru penggerak.

Pelaksanaan pendampingan dilaksanakan dari tanggal 11 sampai 15 September 2023 untuk 5 CGP yaitu; Edy Widyapraja - SDN 7 Jebus, Safi'ie - SDN 14 Simpang Teritip, Meri Safitri - SMP Negeri 1 Simpang Teritip, Heny Wulan Sari - SMK Negeri 1 Muntok, dan Faizah - SD Negeri 21 Muntok.

Edy Widyapraja - SDN 7 Jebus

Beberapa diskusi penting diantaranya tentang kekhawatiran CGP dalam 1 bulan ini mengikuti kegiatan yaitu tentang pembagian waktu sebagai guru PJOK, Plt. Kepala Sekolah, dan CGP. CGP memiliki cara sendiri untuk mengantisipasi kekhawatiran tersebut dengan menjaga koordinasi dengan seluruh guru. Sedangkan, ketika ditanya tentang sejauh mana respon teman sejawat di sekolah mengikuti CGP ini? jawabannya ternyata yang memberikan dorongan dan pemahaman yang kuat mengikuti kegiatan ini adalah para guru (teman sejawat).

Untuk diskusi tentang portofolio yang digunakan CGP adalah mengikuti pembelajaran dalam Lokakarya Orientasi yaitu menggunakan Google Side dan Aplikasi Berbasis Android. Komponen-komponen yang dituangkan CGP ke dalam portofolio digital terdiri dari beberapa Menu yaitu menu tentang profil sekolah, CGP Angkatan 9, dan Dokumentasi. Untuk menu CGP Angkatan 9 terdiri dari 2 sub menu yaitu menu Lokakarya dan Pendampingan Individu. Sedangkan pada aplikasi berbasis android komponenannya terdiri dari Jadwal, Dokumentasi, Kesepakatan Peran CGP dan Kepala Sekolah, Pengecekan Mandiri Kompetensi GP
, Evaluasi Diri Guru Penggerak, Rencana Pengembangan Kompetensi Diri, dan Evaluasi Lokakarya Orientasi. Aplikasi berbasis android ini terintegrasi dengan akun belajar.id Pengajar Praktik (PP) || Portofolio Digital.

Safi'ie - SDN 14 Simpang Teritip

CGP memiliki kemampuan tentang IT. Diskusi tentang Tindak lanjut hasil pembelajaran. CGP berusaha untuk merubah paradigma dalam proses pembelajaran yang sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara diantaranya prinsip kodrat kemerdekaan anak, yaitu kodrat alam dan kodrat zamannya.

Untuk diskusi tentang portofolio yang digunakan CGP adalah mengikuti pembelajaran dalam Lokakarya Orientasi yaitu menggunakan Google Side dan Aplikasi Berbasis Android. Komponen-komponen yang dituangkan CGP ke dalam portofolio digital terdiri dari beberapa Menu yaitu menu tentang profil guru, Poject, dan Dokumentasi. Untuk menu Project terdiri dari 2 sub menu yaitu menu Lokakarya dan Pendampingan Individu. Sedangkan pada aplikasi berbasis android komponenannya terdiri dari Jadwal, Dokumentasi, Kesepakatan Peran CGP dan Kepala Sekolah, Pengecekan Mandiri Kompetensi GP, Evaluasi Diri Guru Penggerak, Rencana Pengembangan Kompetensi Diri, dan Evaluasi Lokakarya Orientasi. Aplikasi berbasis android ini terintegrasi dengan akun belajar.id Pengajar Praktik (PP) || Portofolio CGP

Meri Safitri - SMP Negeri 1 Simpang Teritip

Unit kerja (sekolah) tempat mengajar CGP adalah salah satu sekolah penggerak angkatan pertama. Sehingga, selama coaching dan diskusi sangat menarik dan antusias kerena CGP secara khusus di sekolah selain sebagai guru juga dipercaya sebagai pembina OSIS dan salah satu Koordinator P5 di sekolah. Beberapa diskusi penting diantaranya tentang kekhawatiran CGP dalam 1 bulan ini mengikuti kegiatan yaitu tentang membagi waktu antara tugas sebagai CGP dan tugas lain di sekolah. Tetapi, CGP memiliki cara sendiri untuk mengantisipasi kekhawatiran tersebut dengan berkoordinasi bersama seluruh guru dan teman sejawat. Bahkan untuk angkatan IX ini teman sejawat yang menjadi CGP ada 4 guru yang bisa menjadi tim diskusi dan kolaborasi dalam pembagian waktu.

Untuk diskusi tentang portofolio yang digunakan CGP adalah mengikuti pembelajaran dalam Lokakarya Orientasi yaitu menggunakan Google Side dan Aplikasi Berbasis Android. Komponen-komponen yang dituangkan CGP ke dalam portofolio digital terdiri dari beberapa Menu yaitu menu tentang profil guru, CGP, dan Dokumentasi. Untuk menu CGP terdiri dari 2 sub menu yaitu menu Lokakarya dan Pendampingan Individu. Sedangkan pada aplikasi berbasis android komponenannya terdiri dari Jadwal, Dokumentasi, Kesepakatan Peran CGP dan Kepala Sekolah, Pengecekan Mandiri Kompetensi GP, Evaluasi Diri Guru Penggerak, Rencana Pengembangan Kompetensi Diri, dan Evaluasi Lokakarya Orientasi. Aplikasi berbasis android ini terintegrasi dengan akun belajar.id Pengajar Praktik (PP).|| Portofolio CGP

Heny Wulan Sari - SMK Negeri 1 Muntok

Beberapa diskusi penting diantaranya tentang kekhawatiran CGP dalam 1 bulan ini mengikuti kegiatan yaitu tentang manajemen waktu. Tapi, setelah satu bulan mengikuti kegiatan ini CGP bisa mengatasi kekhawatiran tersebut. Sedangkan, ketika ditanya tentang sejauh mana respon teman sejawat di sekolah? jawabannya ternyata sekolah tempat CGP bertugas kurang lebih 20% adalah merupakan Guru Penggerak dan Calon Guru Penggerak. Sedangkan diskusi tentang Tindak lanjut hasil pembelajaran. CGP yang juga dipercaya sebagai Pengelolah Laborotorium dalam sebulan ini telah mengaplikasikan dalam proses pembelajaran yang sesuai pemikiran Ki Hadjar Dewantara diantaranya melalui penggunaan metode dan media pembelajaran yang menyenangkan dan melibatkan siswa.

Untuk diskusi tentang portofolio yang digunakan CGP adalah mengikuti pembelajaran dalam Lokakarya Orientasi yaitu menggunakan Google Side dan Aplikasi Berbasis Android. Komponen-komponen yang dituangkan CGP ke dalam portofolio digital terdiri dari beberapa Menu yaitu menu tentang profil CGP, CGP, dan Dokumentasi. Untuk menu CGP terdiri dari 2 sub menu yaitu menu Lokakarya dan Pendampingan Individu. Sedangkan pada aplikasi berbasis android komponenannya terdiri dari Jadwal, Dokumentasi, Kesepakatan Peran CGP dan Kepala Sekolah, Pengecekan Mandiri Kompetensi GP, Evaluasi Diri Guru Penggerak, Rencana Pengembangan Kompetensi Diri, dan Evaluasi Lokakarya Orientasi. Aplikasi berbasis android ini terintegrasi dengan akun belajar.id Pengajar Praktik (PP). || Portofolio CGP

Faizah - SD Negeri 21 Muntok

Unit kerja (sekolah) tempat mengajar CGP adalah salah satu sekolah penggerak angkatan pertama. Sehingga, secara umum pelaksanaan implementasi IKM dan konsep pemikiran Ki Hajar Dewantara telah dilaksanakan CGP di kelasnya. Beberapa diskusi penting diantaranya tentang kekhawatiran CGP dalam 1 bulan ini mengikuti kegiatan yaitu tentang tugas-tugas yang berhubungan dengan IT dan tugas yang banyak. Tetapi, kekhawatiran tersebut dapat CGP atasi dengan tetap berkoordinasi dengan teman-teman CGP lain sehingga bisa menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan.

Untuk diskusi tentang portofolio yang digunakan CGP adalah mengikuti pembelajaran dalam Lokakarya Orientasi yaitu menggunakan Google Side dan Aplikasi Berbasis Android. Komponen-komponen yang dituangkan CGP ke dalam portofolio digital terdiri dari beberapa Menu yaitu menu tentang profil guru, CGP, dan Dokumentasi. Untuk menu CGP terdiri dari 2 sub menu yaitu menu Lokakarya dan Pendampingan Individu. Sedangkan pada aplikasi berbasis android komponenannya terdiri dari Jadwal, Dokumentasi, Kesepakatan Peran CGP dan Kepala Sekolah, Pengecekan Mandiri Kompetensi GP, Evaluasi Diri Guru Penggerak, Rencana Pengembangan Kompetensi Diri, dan Evaluasi Lokakarya Orientasi. Aplikasi berbasis android ini terintegrasi dengan akun belajar.id Pengajar Praktik (PP).|| Portofolio @
Share this article :

No comments:

 
Support : Harapan hati, bisa bermanfaat dan diterima apa yang ada di blog ini | Kalau Suka tolong di LIKE facebooknya
Copyright © 2016. Isriyanto - All Rights Reserved
Template Modify by Isriyanto, S.Pd.SD Inspired Love for Blog
Proudly powered by Blogger