Home » , , » Pendampingan Individu 2 || Perubahan Diri Setelah Mempelajari Modul 1.1, 1.2 dan 1.3

Pendampingan Individu 2 || Perubahan Diri Setelah Mempelajari Modul 1.1, 1.2 dan 1.3

Oleh: "Isriyanto, S.Pd" | Giat Belajar Oct 13, 2023
Dengan tema batik, pendampingan indvidu 2 CGP angkatan 9 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya 5 CGP yang ada di Kabupaten Bangka Barat yaitu Edy Widyapraja (SDN 7 Jebus), Safi'ie (SDN 14 Simpang Teritip), Meri Safitri - SMP Negeri 1 Simpang Teritip, Heny Wulan Sari (SMK Negeri 1 Muntok), Faizah (SD Negeri 21 Muntok) dilaksanakan pada tanggal 9 - 13 Oktober 2023.

Pelaksanaan Pendampingan Individu (PI) 2 adalah pendampingan kepada CGP dengan Tema Pendampingan: Perubahan paradigma pemimpin pembelajaran. Sedangkan Fokus Pendampingan;
  1. Diskusi refleksi diri tentang lingkungan belajar di sekolah
  2. Diskusi refleksi perubahan diri setelah mempelajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3
  3. Diskusi rencana merintis komunitas praktisi di sekolah, berdasarkan hasil pemetaan di lokakarya 1
  4. Mengkomunikasikan visi dan prakasra perubahan ke KS dan warga sekolah dengan dimoderasi oleh PP
Edy Widyapraja (SDN 7 Jebus)
Dari Modul 1.1, 1.2 dan 1.3, CGP dapat mengambil pelajaran yaitu; tentang filosofi KHD dan mengetahui penerapan filosofi KHD dalam pembelajaran, nilai dan peran guru penggerak, sehingga mampu mengembangka Profil Pancasila dalam diri peserta didik, dan dapat merumuskan visi dan prakarsa perubahan.

Sedangkan pengimplementasian dari pembelajaran pada modul tersebut, CGP sudah diaplikasikan semua terutama penerapan sikap sopan santun dalam diri siswa dan penyesuaian minat siswa. Untuk tanggapan dan respon siswa yang telah dilakukan CGP adalah merasa senang dan antusias.

Safi'ie (SDN 14 Simpang Teritip)
Pelajaran yang diambil CGP pada Modul 1.1, 1.2 dan 1.3 adalah memahami filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara, memahami nilai-nilai penggerak dan penerapan nilai-nilai guru penggerak terutama untuk pribadi sebagai guru, dan memahami tentang visi dan prakarsa perubahan. Sehingga termotivasi untuk berkolaborasi dengan teman sejawat dan implementasi visi sekolah yang berpihak pada murid.

Beberapa hal yang CGP sudah di implementasikan di kelas adalah membuat suasana belajar yang menyenangkan, melakukan kolabarasi antara guru, terwujudnya peserta didik yang religius, berakhlak, kreatif dan berwawasan global.

Perubahan terhadap murid dari implementasi modul 1.1, 1.2, dan 1.3 adalah siswa lebih antusias dan semangat dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga dengan perubahan yang didapatkan ini, CGP merasa pembelajaran yang diberikan lebih bermakna.

Menurut CGP yang sudah baik dan perlu dipertahankan adalah menggunakan media yang bervariasi. Sedangkan yang masih perlu diperbaiki kedepannya adalah pembiasaan budaya positif di kelas.

Meri Safitri (SMP Negeri 1 Simpang Teritip)
Yang sudah CGP pelajari pada Modul 1.1, 1.2 dan 1.3 adalah meningkatan pendidikan yang berpusat pada siswa sesuai filosofi Ki Hajar Dewantara - kodrat alam dan zaman - teknologi tepat waktu,  sebagai koordinator P5 banyak melakukan refleksi sebagai guru yang memiliki peran dan tanggungjawab sebagai CGP, dan dari modul 1.3 CGP telah belajar tentang visi guru penggerak terutama dalam prakarsa perubahan yang berhungan dengan dimensi keimanan dan taqwa - berwawasan lingkungan - mandiri dari peserta didik.

Perubahan atau respon murid terhadap perubahan yang  dilakukan CGP memiliki perubahan yang sangat luar biasa. Misalnya kegiatan pembelajaran dalam Problem Based Learning (PBL) meningkat rasa antusias siswa dalam mengikutinya.

Sedangkan, selama mengikuti CGP ini, yang sudah baik adalah  menyajikan pembelajaran interaktif dan yang perlu dijaga dan dikuatkan kedepannya adalah pembelajaran yang terus menerus bisa memberikan rasa senang dan antusias kepada siswa secara keseluruhan.

Heny Wulan Sari (SMK Negeri 1 Muntok)
Pelajaran yang CGP Pelajari pada Modul 1.1, 1.2 dan 1.3 adalah bisa menerapkan konsep pembelajaran menuntun dan berpusat pada siswa yang sesuai dengan filosofi KHD, dengan peran sebagai CGP perlunya kolabarasi (koordinasi dengan pimpinan - menerima saran dan pendapat teman sejawat) untuk mencapai tujuan. Dan dapat menuangkan imajinasi dan harapan dalam penguatan visi CGP pada BAGJA.

Hal yang suda dipelajari CGP dan sudah di implementasikan di kelas adalah melalui pembiasaan baik dan sederhana (P5) berdo’a, surah-surah pendek, Indonesia Raya, 3 S, peduli lingkungan. Dari pengimplementasian modul 1.2, 1.2, dan 13 respon murid terhadap perubahan yang  dilakukan terlihat beberapa murid mulai tampak perubahan yang baik dan sebagian besar tampak peningkatan semangat dalam pembelajaran.

Perasaan CGP setelah menerapakan Modul 1.1, 1.2 dan 1.3 dikelas, CGP sebagai guru merasa masih perlu banyak lagi yang harus dipelajari dan termotivasi dalam melakukan perubahan yang lebih baik.

Sedangkan yang yang sudah baik menurut CGP yang berusaha dipertahankan selama ini adalah dapat berbagi praktik baik kepada teman lain dan yang perlu diperbaiki kedepannya adalah manajemen waktu.

Faizah (SD Negeri 21 Muntok)
Pelajaran pada Modul 1.1, 1.2 dan 1.3 yang didapatkan CGP adalah tentang pentingnya nilai implementasi filosofi KHD dalam pembelajaran, merealisasikan nilai dan peran guru penggerak di lingkungan kerja, dan peranan visi dan prakarsa perubahan dalam membangun lingkungan sekolah yang berpihak pada siswa.

Beberapa nilai yang sudah di implementasikan oleh CGP di kelas adalah pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum belajar, membangun nilai percaya diri untuk mempresentasikan/berbicara di depan kelas, dan membuat kesepakatan kelas melalui musyawarah.

Tanggapan atau respon murid CGP terhadap perubahan yang  dilakukan adalah terlihat siswa dating lebih tepat waktu, dan rasa tanggung jawab siswa semakin meningkat. Dengan tanggapan dan respon positif siswa yang besar membuat perasaan CGP senang dan akan terus berusaha dalam mengimplementasikan pengetahuan yang sudah diketahui selama mengikuti PGP Angkatan 9 ini.

Menurut CGP hal yang sudah baik dan terus dipertahankan adalah semangat bersama siswa di kelas dan yang perlu diperbaiki kedepannya selalu akan melakukan analisis setiap masalah yang dihadapi siswa di kelas.@
Share this article :

No comments:

 
Support : Harapan hati, bisa bermanfaat dan diterima apa yang ada di blog ini | Kalau Suka tolong di LIKE facebooknya
Copyright © 2016. Isriyanto - All Rights Reserved
Template Modify by Isriyanto, S.Pd.SD Inspired Love for Blog
Proudly powered by Blogger