Setelah pembukaan, PP dan CGP diarahkan untuk menuju keruang diskusi masing-masing sesuai dengan pembagian yang sudah disepakati. Untuk Kabupaten Bangka Barat yang terdiri dari 8 Pengajar Praktik (PP) dibagi menjadi 3 ruangan, dengan format; bor 1 terdiri dari 3 PP dan 15 CGP, bor 2 terdiri dari 3 PP dan 15 CGP, sedangkan bor 3 terdiri dari 2 PP dan 8 CGP. Sedangkan, saya (Isriyanto) bersama dua PP lain yaitu Ibu Ida Safrina, dan Ibu Rohaya berada di bor 1.
Untuk CGP kami di bor 2 ada 15 orang yaitu Edi Widyapraja, Safi’ie, Meri Safitri, Heny Wulan Sari, Faizah, Desmalia, Jennes Choirunnisa Puspitasari, Juita Sari, Oktaviany, Ita Agustina, Vita Hidayani, Etty Sariyanti, Abdul Mison, Supriadi, Enjang, Sugiarti.
Selamat aktivitas pembelajaran selama di ruangan AlhamduliLLAH berjalan dengan baik dan lancar, dibuka dengan kegiatan Ice Breaking (Lingkaran Koboi). Dilanjutkan dengan apersepsi beberapa pertanyaan yaitu;
- Siapa di antara Bapak-Ibu yang jarak tempuh ke tempat ini dalam 1 km?
- Siapa di antara Bapak-Ibu yang jarak tempuh ke tempat ini lebih dari 1 km?
- Berapa jarak tempuh Bapak-Ibu kira-kira Bapak-Ibu? Terima kasih atas kedatangannya di lokakarya kedua ini Bapak-Ibu!
- Jarak yang Bapak-Ibu tempuh akan sepadan dengan pengalaman yang kita dapatkan hari ini.
Dilanjutkan dengan penyampaian tujuan dan pembuatan kesepakatan belajar. Penyampaian tujuan pembelajaran berdasarkan bahan tayangan yaitu Slide 3. Sedangkan kesepakatan belajar, disusun berdasarkan usulan dan mufakat bersama antara PP dan CGP. Kesepakatan belajar yang dibuat adalah:
- Semua peserta mendapatkan kesempatan yang sama untuk bertanya dan berpendapat
- Serius tapi santai
- Saling menghargai
- Menjaga kebersihan
- Kerjasama dan kolaborasi dalam kelompok
- Setiap pergantian materi diisi dengan Ice Breaking
- Hp Silent
- Tepat waktu
PRESENTASI PERKEMBANGAN DAN UMPAN BALIK PRAKARSA PERUBAHAN LEVEL DIRI (AKSI NYATA 1.3); sebelum memulai sesi ini PP menyampaikan tujuan sesi yaitu dari aktivitas ini diharapkan CGP bisa mendapatkan umpan balik dari rekan sejawat CGP lain, agar pelaksanaan prakarsa perubahan ini menjadi lebih efektif untuk diri CGP. Selanjutnya Pengajar Praktik membagi Calon Guru Penggerak menjadi 3 kelompok melalui pembagian kelompok Do, Re, dan Mi. Setiap kelompok terdiri dari 5 CGP.
Setelah CGP berada di kelompok kecil masing-masing, setiap kelompok didampingi oleh PP. Kelompok Do didampingi oleh PP Ibu Rohaya, Kelompok Re didampingi oleh PP Ibu Ida Safrina, dan kelompok Mi didampingi PP Bapak Isriyanto. Di dalam setiap kelompok tersebut setiap CGP diberikan waktu mempresentasikan prakarsa perubahan level diri (aksi nyata 1.3) yang telah dilaksanakan. Kemudian menerima tanggapan, pertanyaan, dan penguatan (umpan balik) dari CGP lain.
PRESENTASI DAN UMPAN BALIK RENCANA PENYAMPAIAN PENERAPAN DISIPLIN POSITIF (AKSI NYATA 1.4); sebelum memulai sesi ini PP menyampaikan tujuan sesi yaitu bertujuan untuk mengembangkan rencana ataupun strategi yang kita buat dengan adanya umpan balik dari rekan Calon Guru Penggerak lain. Selanjutnya Pengajar Praktik membagikan lembar kerja rencana penyampaian penerapan disiplin positif di kelas dan strategi penerapan pada konteks sekolah.
Selanjutnya CGP menuliskan rencana pada lembar kerja rencana penyampaian disiplin positif. Lalu setelah CGP selesai menuliskan rencana masing-masing. Lembar kerja tersebut ditempel di tembok. Kemudian, Calon Guru Penggerak berkeliling dan memberikan masukan terhadap rencana Calon Guru Penggerak lain di Post-it dan dtempelkan pada lembar kerja yang menjadi tujuan. Dan kemudian pertanyaan tersebut akan ditanggapi/dijawab oleh CGP yang memiliki embar kerja tersebut.
- Bagaimana hasil observasi Bapak-Ibu tiap bagian?
- Hal baik apa yang sudah dilakukan pada tiap bagiannya?
- Hal baru apa yang Bapak-Ibu pelajari dari seluruh proses tadi?
No comments:
Post a Comment